Kamis, 08 Maret 2012

MACAM - MACAM TEKS DAN NASKAH PIDATO


Contoh Pidato Upacara Bendera Senin


Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah.
Yang terhormat Para PKS dan staf.
Yang terhormat Ibu dan Bapak Guru serta Staf Tata Usaha dan Perpustakaan.
Anak-anakku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmatnya kita bisa berkumpul ditempat dan waktu yang baik ini.

Shalawat dan salam kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, para pengikutnya yang shaleh dan shalehah hingga akhir zaman.

Tidak lupa kita panjatkan doa kepada kedua orangtua kita, ampunilah segala dosa mereka dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kita semasa kecil dan kepada para guru yang telah memberikan ilmu yang banyak sehingga kita bisa berusaha untuk menjadi orang-orang yang beriman, berilmu, berakhlak mulia dan bertakwa . Mudah-mudahan kasih sayang dan ilmu yang mereka berikan menjadi ilmu yang bermanfaat. Tanpa mereka kita bukan apa-apa…Amin.

Anak-anakku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan,
Kalau di antara kalian yang bertanya, apakah upacara bendera itu? Mungkin kalian sudah tahu jawabannya, yaitu segala tindakan atau gerakan yang dirangkaikan serta ditata dengan tertib dan disiplin dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin serta membiasakan kesedian dipimpin dan membina kekompakan serta kerja sama dan yang paling penting adalah untuk mengenang jasa para pendiri negara.

Kalau ada yang bertanya lagi, apakah makna upacara bendera sampai kalian harus berpanas-panas? Mungkin juga kalian sudah tahu jawabannya, yaitu tetap memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

Tetapi pertanyaan yang paling besar adalah,
#Apakah kalian sudah menjadi orang yang tertib? #Apakah kalian sudah bisa menjaga amanah untuk menjadi seorang pemimpin? #Apakah kalian sudah bersedia dipimpin untuk menjaga kekompakan dan kerja sama?#Apakah kalian selalu mengingat bahwa apa yang sudah kalian dapatkan sampai hari ini adalah hasil jerih payah dan jasa para pahlawan dan tetap menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme?
#Bapak harapkan mulai dari sekarang, kalian belajar lebih tertib, mentaati segala peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, lingkungan dan agama.
Kemudian kalian belajar lebih disiplin, sholat pada waktunya, mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, membuang sampah pada tempatnya.
Kemudian kalian siap belajar menjadi pemimpin, minimal pemimpin untuk dirinya sendiri untuk menjadi anak yang lebih baik dan siap dipimpin dengan menjaga kekompakan dan kerja sama.
Kemudian kalian siap belajar menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme, menggunakan produk dalam negeri, melestarikan kebudayaan lokal, dan menjaga peninggalan nenek moyang kita.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal baik seperti yang sudah sampaikan tadi.
Anak-anaku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan,
Marilah kita bersama menjalankan amanah tersebut. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


CONTOH PIDATO SAMBUTAN PERPISAHAN KELULUSAN SEKOLAH


Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman2 semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama2 selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman2 semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita2 yang selama ini diangan2kan.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2, doa saya menyertai teman2 semua

Assalamu'alaikum Wr Wb Yang terhormat Bapak kepala sekolah. Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha Juga teman-temanku semuanya... Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Perkenalkan, Nama saya ... perwakilan dari .. Yang terhormat. Bapa/Ibu .... Dan semua teman-teman yang hadir di sini.
Hadirin sekalian,
Narkoba adalah istilah bahasa Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif. zat psikotropika populer disebut Ecstasy dan Shabu-shabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah dan atas. Namun, untuk peningkatan jumlah orang muda, obat pilihan adalah heroin kelas rendah, yang dikenal sebagai putaw, yang murah, banyak, tetapi berpotensi mematikan. Obat ini sudah tersedia di semua kota-kota besar, termasuk sekolah, lounge karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa-desa terpencil. Karena itu, tidak mengherankan bahwa pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun.
Hadirin Sekalian... Ribuan pemuda telah menyia-nyiakan hidup mereka karena obat terlarang di negeri kita, Indonesia. Mereka kebanyakan korban dari lingkungan yang 'kejam', keluarga broken home, dari kebodohan, dari rasa keingin tahuan atau juga dari korban para mafia narkoba. Diperkirakan bahwa sekitar 4 juta orang di Indonesia adalah sebagai pengguna narkoba, atau sekitar satu dari setiap 50 orang Indonesia adalah atau pernah mencicipi barang terlarang tersebut. Di ibukota Jakarta, diperkirakan 3 dari sepuluh orang anak muda adalah pengguna narkoba. Sebuah studi yang dilakukan oleh kantor (ILO) Organisasi Buruh Internasional di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar empat persen pengguna narkoba di negeri ini adalah anak-anak di bawah 17 tahun. Dua dari sepuluh pengguna terlibat dalam perdagangan gelap. Beberapa remaja mulai terlibat dalam memproduksi obat-obatan dan yang memperdagangankannya antara usia 13 dan 15 tahun. Ketua Badan Koordinasi Narkotika Nasional mengatakan bahwa pengguna narkoba dan obat-obatan terlarang di negara ii berjumlah sekitar 7.000 siswa SMP, lebih dari 10.000 siswa SMU dan sekitar 800 siswa SD. Data yang begitu sangat memprihatinkan dan membuat kita cemas akan masa depan nanti, entah akan bagaimana kelak bila pengguna barang haram tersebut terus meningkat.
Hadirin sekalian
Orang biasanya menggunakan obat-obatan terlarang untuk bersenang-senang atau melarikan diri dari tekanan hidup. Pengguna narkoba di kalangan siswa sangat mengkhawatirkan. Dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah dengan menipu, memaksa atau memberi obat-obatan terlarang tersebut secara gratis kepada para siswa disekitar sekolah tersebut. Setelah siswa yang kecanduan, mereka kemudian pergi ke para pedagang untuk membeli obat-obatan terlarang. Jika mereka tidak punya uang, mereka mencurinya dari anggota keluarga mereka atau orang lain.
Hadirin sekalian
Fakta-fakta di atas menunjukkan kepada kita bagaimana akrab "Narkoba" dikalangan generasi muda kita. Hal yang harus kita ketahui sebagai pegangan kita agar terhindar dari bujuk rayu para mafia narkoba. Pertama kita harus tahu apa arti dari kecanduan obat? kecanduan obat adalah penyakit otak yang kompleks. Hal ini ditandai dengan kompulsif, kadang-kadang tak terkendali, keinginan obat, mencari, dan menggunakan bertahan bahkan dalam menghadapi konsekuensi sangat negatif. Obat mencari menjadi kompulsif, sebagian besar sebagai akibat dari efek dari penggunaan narkoba yang berkepanjangan pada fungsi otak dan, dengan demikian, pada perilaku. Bagi banyak orang, kecanduan obat menjadi kronis, dengan kemungkinan kambuh bahkan setelah jangka waktu yang lama. Dengan mengetahui bagaimana seriusnya konsekuensi dari menggunakan Narkoba. Mudah-mudahan bisa menghindarkan kita dari jerat tersebut.
Hadirin sekalian...
Marilah kita berlomba untuk menghindarkan diri kita dari jeratan barang haram tersebut dengan cara menjauhkan diri kita, keluarga dan lingkungan dari hal-hal yang akan memberi ruang dan jalan untuk masuknya barang haram tersebut.
Hadirin Sekalian...
Terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini.
Wasalam...


Contoh Naskah Pidato Tentang Melestarikan Bumi dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup

LESTARIKAN BUMIKU

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya cintai,
Melalui sebuah momen yang sangat tepat ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. Namun sebelumnya marilah kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas segala limpahan rahmatNya sehingga kita dikaruniai kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini.

Saudara-saudaraku,
Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang adanya penebangan-penebangan liar yang membabi buta yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu kita nanti.
Berapa ribu meter kubik kayu telah mereka jarah. Sementara setelah itu mereka tinggalkan lahan yang sudah sedemikian kritis yang sangat membahayakan saudara-saudara kita yang lain dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap saat.

Saudara-saudaraku,
Sadarlah, bahwa lingkungan kita ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya kita rusak maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya.

Maka dari itu, sudahilah kegiatan merusak hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan yang hanya mementingkan aspek bisnis tanpa mau peduli terhadap kelestarian lingkungan.
Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam.

Terima kasih atas perhatian Saudara-Saudaraku. Sekian.




Contoh Teks | Naskah Pidato Singkat Tentang Kesehatan Bagi Siswa, Remaja , Lingkungan, dan juga untuk diri kita sendiri.

Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormati Bapak/Ibu
Dan teman-teman yang saya cintai


Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya dan memberikan kesehatan bagi diri kita semua sehingga kita semua dapat hadir disini menghadiri acara Hari Kesehatan Nasional ini

Ibu/Bapak serta rekan semuanya, kesehatan memang sangatlah penting bagi diri kita semuanya, tanpa terkecuali. baik untuk kalangan muda maupun orang-orang telah dewasa sekalipun sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya.

Sebelumnya marilah kita meninjau dulu kebelakang tentang sejarah hari kesehatan nasional ini.
Ibi/bapak sekalian, Pada sekitar tahun 1960-an malaria merupakan salah satu penyakit rakyat yang berkembang dengan subur. Ratusan ribu jiwa mati akibat malaria. Berdasarkan penyelidikan dan pengalaman, sebenarnya penyakit malaria di Indonesia dapat dilenyapkan. Untuk itu cara kerja harus dirubah dan diperbarui. Maka pada September 1959 dibentuk Dinas Pembasmian Malaria (DPM) yang kemudian pada Januari 1963 dirubah menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM). Pembasmian malaria tersebut ditangani secara serius oleh pemerintah dengan dibantu oleh USAID dan WHO. Direncanakan bahwa pada tahun 1970 malaria hilang dari bumi Indonesia.

Pada akhir tahun 1963, dalam rangka pembasmian malaria dengan racun serangga DDT, telah dijalankan penyemprotan rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali dan Lampung, sehingga l.k. 64,5 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari kemungkinan serangan malaria. Usaha itu juga dilanjutkan dengan nusaha surveilans yang berhasil menurunkan ”parasite index” dengan cepat, yaitu dari 15 % menjadi hanya 2%.

Pada saat itulah, tepatnya pada tanggal 12 November 1964, peristiwa penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis dilakukan oleh Bung Karno selaku Presiden RI di desa Kalasan, sekitar 10 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Meskipun peristiwanya sendiri merupakan upacara simbolis penyemprotan nyamuk, tetapi kegiatan tersebut harus dibarengi dengan kegiatan pendidikan atau penyuluhan kepada masyarakat. Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN), yang setiap tahun terus menerus diperingati sampai sekarang. Sejak itu, HKN dijadikan momentum untuk melakukan pendidikan/penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Ibu/bapak serta rekan sekalian, dengan semakin berkembangnya tekhnologi di era sekarang ini. kita haruslah lebih berhati-hati dalam menjaring segala sesuatu yang masuk ke sekitar lingkungan kita. dengan semakin berkembangnya teknologi tersebt, jelaslah sangat berpengaruh dan erat sekali hubungannya dengan kesehatan kita semua. sebagai salah satu contoh. dalam hal berolah raga. dewasa ini orang-orang seolah melupakan olahraga, itu disebabkan karena mereka semakin sebuk dengan kegiatan-kegiatannya masing-masing, mereka apalagi anak-anak muda sekarang ini cenderung lebih memilih main game berjam-jam didepan komputernya daripada memilih berolahraga.

Tidak sedikit pula kalangan muda sekarang menyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya sebagai salah satu pelarian, itu tentu saja membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai salah satu contoh dari dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolah telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita memulainya dari sekarang dengan pola hidup sehat untuk diri kita sendiri dulu. Merubah pola hidup memanglah tidak gampang. tetapi sehat itu sebih murah daripada sakit yang mungkin rekan-rekan ketahui kalau biaya pengobatan dewasa ini tidaklah murah, meskipun pemerintah telah memberikan program bagi warga tidak mampu. Namun sekali lagi saya tekankan kalau sehat itu lebih baik dari segalanya. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum 






Contoh Pidato Pembina Upacara



Assalamu'alaikum wr.wb.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang maka esa atas curahan
nikmat-Nya yang tiada terhingga diberikan kepada kita, sehingga pada kesempatan
yang baik ini kita dapat berkumpul, dalam keadaan sehat wal afiat.

Bapak-bapak dan ibu guru yang kami hormati, serta Anak-anak ku Seluruh Siswa...............yang bapak banggakan.

Semoga kita semua tetap dalam kondisi penuh semangat untuk menjadi orang-orang
yang berhasil di masa depan.

Hari yang cerah ini mudah-mudahan bisa jadi pertanda dimulainya kehidupan kita
semua yang semakin cerah pula. Amiin.

Anak-anakku seluruh murid …................................ yang bapak cintai.
Kalian merupakan calon-calon orang yang bisa berhasil dimasa depan. Inilah harapn
kami semua sebagai orang tua kalian disekolah. Kalian menjadi orang sukses
merupakan kebanggaan buat kami.

Langkah awal untuk membuat sukses diri kalian adalah kalian harus punya mimpi.
Mimpilah besar dan jagalah sehingga tetap tegak walau badai menerjang walau angin
topan menghantam. Biarkan mimpi kalian tetap berkibar diangkasa dengan gagah
seperti bendera merah putih ini.

Jika kalian belum punya mimpi maka sekaranglah saatnya. Sudah jadi apa kalian 5
tahun Dari sekarang. Mau punya apa kalian pada usia 30 tahun. Tentukan mimpi kalian
Dari sekarang. Rumuskan mimpi kalian degan benar dan tepat. Biarkan mimpi kalian
memperbudak kalian hingga mimpi itu terwujud.

Sadarilah anak-anak ku, bapak menegaskan kembali kepada kalian bahwa mimpi
pertanda seseorang itu hidup dan punya harapan. Hidupnya akan bersemangat dan
jauh dari segala penyakit dan tekanan.

Bukalah oleh kalian kisah-kisah orang besar. Maka disana kalian akan menemukan
bahwa kesuksesan mereka, keberhasilan mereka sehingga namanya tertoreh dalam tinta
sejarah sepanjang masa adalah diawali Dari sebuah mimpi. Lihatlah Nabi Muhammad
SAW, Marcopolo, Leonardo Davinci, Ishak Newton, dan ratusan orang besar lainnya.
Mereka memulainya dari sebuah mimpi.

Karenanya saat inilah kalian semua membangun mimpi kalian. Apa yang kalian
inginkan dalam hidup maka sekaranglah saatnya untuk bermimpi. Umur kalian ada
dalam masa keemasan. Jangan kalian sia-siakan.
Bapak cukupkan sampai disini dulu uraian ini. Semoga ada manfaatnya. Mohon maaf
jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan.

Bapak ucapkan terima kasih.
Assalamu'alaikum wr.wb.





Contoh Pidato Tema Pendidikan

Saudara-saudara sekalian !

Yang saya hormati …....................
Yang saya hormati ….......

Alangkah bahagianya saya selaku menjabat sebagai ibu kepada Negara
Indonesia, pada hari ini ! pada hari ini, kita merayakan hari pendidikan Nasional,
yang bertempat dilapangan Istana Bogor pada tanggal 2 Mei 2011. Dengan
memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat /bangkit untuk
memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi
bangsa, Negara dan Agama.

Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap
jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan
sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi
pemerintah untuk memberikan “pendidikan dan pengajaran” pada semua warga
Negara sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang Dasar.

Persoalan ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan
terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda.
Ketika itu untuk pertama kali pelaksanakan REPELITA dengan tekanan pada
pembangunan ekonomi yang dipandang sebagai landasan bagi aspek- aspek lain
dari pembangunan nasional. Dalam pembaruan pendidikan perhatian

difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta
penataan kesempatan mendapat pendidikan.

Mengenai yang terakhir ini sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara
konvesial yaitu memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi ,informasi
radio dan televisi. Pada tahun 2007 pemerintah telah menetapkan APBN untuk
pendidikan sebesar 20% bagi SD, SMP dan SMA. Program dan kegiatan yang
dilakukan tidak semata-mata atas dasar pertambahan jumlah gedung sekolah,
guru, buku dan lain-lain.


Alternatif yang didentifikasikan adalah :
1. Penambahan daya tampung SMP yang dilakukan baik dengan
penambahan sekolah baru
2. Peningkatan daya tampung sekolah- sekolah swasta
3. Pengembangan sekolah terbuka dengan media korespodensi, modul,
siaran radio, siaran televisi dan lain-lain
4. Pembukaan kursus- kursus ketrampilan praktis diluar sekolah sebagai
jalur penyaluran kemasyarkat..

Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang
memprokarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa. Dia lebih terkenal
dengan filsafat” tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung
tulada.

Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah “ tri-nga”(tiga
“nga-nga adalah huruf terakhir dalam abjad jawa ajisak). “Nga” pertama adalah
ngerti” (memahami /aspek intelektual). “Nga kedua” adalah “ngrasa” adalah
(merasakan aspek afeksi), dan “nga” ketiga adalah “nglakonin” (mengajarkan
atau aspek psikomotorik). Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek
kognitif, afektif, dan psikomotor.

Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri, oleh
karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka
batin, pikiran, dan tenaga. Pengajaran jangan terlampau mengutamakan
kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan
rakyat.

Akhir sampai disini, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan
mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan

inovatif yang berguna bagi bangsa dan Negara, Menciptakan sumberdaya
manusia yang berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global




Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda

Assallamu alikum Wr. wb.
Para Pemuda dan Hadirin yang berbahagia, Tujuh puluh sembilan tahun adalah
suata masa dan perjalanan yang cukup panjang bagi suatu generasi bangsa ketika
itu, 28 Oktober 1928 silam, pemuda Indonesia dan berbagai kalangan berkumpul
di Jakarta, mengucapkan suatu tekad dalam ikrar yang dikenal dengan sumpah
pemuda.

Hari ini, kita semua kembali memperingati hari bersejarah yaitu Hari Sumpah
Pemuda/Hari Pemuda. Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar selalu
menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam
mencapai dan menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kementerian negara pemuda dan olahraga telah menetapkan tema peringatan
hari sumpah pemuda ke-83 tahun ini adalah ”Meningkatkan solidaritas,
integritas, dan profesionalisme pemuda menuju bangsa yang sejahtera dan
bermartabat.


Tema demikian mengandung makna bahwa pemuda Indonesia yang memiliki
semangat solidaritas adalah pemuda yang mampu menumbuhkan empati sosial
merasakan penderitaan orang lain dan memiliki kemampuan untuk berbagi rasa.

Untuk itu saya bersyukur, marilah kita memanjatkan do’a kehadirat Allah, Tuhan
Yang Maha Esa, agar kita semua, terutama generasi muda diberi kekuatan lahir
dan bathin dalam meneruskan perjuangan membangun bangsa dan negara untuk
mewujudkan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Peserta Upacara yang Saya hormati, Setiap kita memperingati hari-hari yang
bersejarah , kita perlu mengenang sejenak, betapa besar perjuangan para
pendahulu , para pejuang bangsa dalamn menegakkan kemerdekaan yang telah
dicapai pada masa pejuangan itu, dilakukan secara kompak terpadu antara
masyarakat dengan semua kekuatan yang ada. Perjuangan mereka tidak
mengenal waktu, perjuangan mereka tidak dapat dinilai, karena tanpa
mempertimbangkan harta benda maupun keluarga. Mereka hanya ingin
mencapai satu tujuan yaitu merdeka.

Sumpah Pemuda Tahun 1928 merupakan suatu keputusan yang lahir dari
berbagai diskusi dan pembicaraan panjang para pemuda Indonesia pada waktu
itu, yang merupakan cikal bakal berdirinya Republik Indonesia. Oleh karena itu,
pemuda sebagai calon pemimpin dan pelaku bangsa kedepan harus mampu
memahami serta menghayati secara mendalam tentang makna sumpah pemuda.

Pemuda harus menjadi ujung tombak dan pionir perjalanan bangsa ini, serta
harus mampu pula mengemban amanat reformasi. Kita jangan sampai terjebak
pada fase pertentangan dan diskusi yang sebetulnya tidak perlu yang hanya
membuang energi dan tenaga saja.

Tantangan kedepan semakin berat dan komplek. Era perdagangan bebas dan
investasi sudah berada dihadapan kita. Era globalisasi dan tekhnologi informasi
itu menuntut adanya kualitas SDM bangsa yang handal utnuk memenangkan
persaingan yang semakin tajam.

Oleh karena itu, dalam memperingati hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda ini
marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, moral bangsa,
juga dituntut peningkatan SDM bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional
dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan.

Peringatan hari sumpah pemuda ke-79 ini, juga mengandung makna yang amat
dalam dan strategis dalam upaya bangsa dan negara kita memperbaiki kualitas
dan menunjukan identitas jatidirinya sebagai bangsa yang besar, berkualitas,
berwibawa, dan bermartabat.

Disisi lain pemuda juga dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menjembatani
melaksanakan desentralisasi atau otonomi daerah. Dengan demikian diharapkan
hasil pembangunan yang dirasakan belum merata ke seluruh pelosok daerah

akan semakin cepat merata dan teratasi, sehingga akan melahirkan kembali
kebangkitan dan keberhasilan pembangunan nasional menuju Indonesia baru
yang maju, mandiri, demokrasi dan berkeadilan.

Peserta upacara yang saya hormati, Pemuda bangsa Indonesia sebagai pewaris
nilai luhur budaya bangsa, penerus cita-cita luhur perjuangan budaya bangsa dan
sumber insani pembangunan nasional, sudah seharusnya berbenah diri dan
menetapkan tekad serta mengoptimalkan peranannya dalam menggalang
persatuan dan kesatuan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia/Pemuda
Indonesia sebagai upaya nyata dapat mewujudkan pembangunan nasional secara
berkesinambungan.

Bila kita menoleh kebelakang salah satu sendi utama dari pembangunan
nasioanal kita adalah persatuan dan kesatuan bangsa. Didalam persatuan dan
kesatuan bangsa dengan segala ke-Bhinneka-annya tersirat kekuatan untuk
menghadapi tantangan yang memacu bangsa kita untuk bersanding dengan
bangsa-bangsa lain. Dengan semangat persatuan dan kesatuan ini pula
berkembang keutuhan dan kebersamaan Bangsa Indonesia.

Sejalan dengan ini, Saya mengajak melalui momentum peringatan sumpah
pemuda ini kita jadikan sebagai pemicu semangat kita bersama untuk senantiasa
meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa meningkatkan partisipasi dan
dukungan terhadap pembangunan yang berpihak pada kepentingan pemuda
sebagai generasi penerus bangsa.

Perhatian dan sikap perduli terhadap pertumbuhan dan perkebunan pemuda
harus kita tingkatkan agar generasi bangsa kita semakin kuat, bukan generasi
yang lemah, baik fisik maupun mentalnya.

Dengan partisipasi semua pihak dan ditunjang dengan pandangan – pandangan
pada pemuda yang visioner dan kedewesaannya dalam berpikir yang lebih
mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Para Pemuda dan
Hadirin yang saya hormati, Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan,
semoga Allah, Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan dan petujuk-Nya kepada Kita sekalian.

Sekian dan Terima kasih
Wassallamu’alaikum wr. wb.




Contoh Pidato Bahasa Inggris

Pidato Bahasa Inggris Bertema Kebudayaan
The Role of Technology on the Development of Traditional Culture
Good morning ladies and gentlemen, and my beloved friends. First, let’s say thanks to God, because only by His clemency, we can gather in this place to participate in this speech contest.

Let me introduce myself. My name is Ari Sudewa, from class X-11. Now, I would like to present my speech entitled “The Role of Technology on The Development of Traditional Culture”. In this topic, I will explain the meaning of traditional culture, the use of technology in the spreading of culture, and the effects of the technology to the traditional culture.

Ladies and gentlemen, before we continue to our main topic, it would be better if we know what the meaning of traditional culture is. Traditional culture is a habit, role of life, or folkways that created by our ancestors, generated from one generation to the next generation orally, and integrated strongly in the local people. Generally, the local tradition is always obeyed by local people without any shortcomings. The example of local tradition is local songs, games, folktales, myth, ceremonies, foods, and clothing.

courtesy:http://www.yooman.info

The unique thing is, because of the strong integration of the culture, usually the old people can’t receive any other new tradition from outside, although the new tradition is better and more rational than their tradition. The reason of this phenomenon is because the old tradition has been carried by people for many years. When a habit is done for several years, it will change the people’s mind. They will think that habit is correct and good, although other people may think their habit is fool. If that habit continues from one generation to the next generation, we can say that the habit has transformed into a tradition.

We can find this phenomenon in a village easily, and would be easier if we search it in an underdeveloped area. But, this phenomenon is no more existed in a city where the people have smitten with the globalization in this global era. The people here could think more rationally, and it causes some traditions extinct. Then, by the effect of Western cultures, more local traditions lost, and some local values changed.

Ladies and gentlemen, why western cultures could affect our country? The main reason is because our people have an internal mind that western cultures are better than ours, more interesting, and so on. Their tradition can spread easily in our country mainly because of the use of technology.

Technology can be used to spread a tradition to other place. The main form of technology that used widely is internet. With the internet, we can share our tradition to the world and we can also know and apply tradition from other place. This can enrich the local tradition. But, this can also damage local tradition if we use the internet and other technologies unwisely.

Ladies and gentlemen, the use of technology always has advantages and disadvantages. With the technology, the spread of tradition can be faster. We can also gain more information to be applied to our tradition. But, the use of technology, mainly internet, could change, fade, and destroy local tradition. It can also spread some bad traditions to other country, such as pornography, drunk, smoking habit, and many others.

To decrease these disadvantages, we must protect our self from bad traditions. We must use our intelligence and common sense to sort and classify the good tradition and the bad tradition. Then, we must apply and keep the good traditions, and throw away the bad traditions. We must be careful in a consort with others. We must stay away from any prohibited consorts. We must increase our religion comprehension to protect our self from these problems.

I think that’s all of my speech. Thanks for your kind attention to my speech. I do apologize if there are any mistakes in my speech. See you later, have a nice day.



 


 


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar