Kamis, 01 Maret 2012

SEDIKIT MENGENAI BUAH DUKU


Merupakan jenis buah-buahan yang sangat banyak terdapat di daerah Komering (Ulu & Ilir), dan duku yang berasal dari daerah Komering (Ulu & Ilir) sangat terkenal dengan kwalitas rasanya yang sangat manis.
Bahkan saking terkenalnya, banyak duku yang berasal dari daerah lain mengatasnamakan duku Komering, ini dilakukan agar para konsumen lebih tertarik untuk membeli duku tersebut.

Untuk pemasarannya, selain dipasaran lokal, duku juga dijual ke daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa. Mulai dari Serang Banten sampai ke Surabaya. Untuk mencapai lokasi2 tersebut, duku diangkut deng kendaraan berupa mobil Truk, dan dukunya dikemas dalam kotak yang terbuat dari papan (kayu) dengan ukuran rata-rata bisa menampung duku sebanyak +/- 14 kg.

Semakin tua sebuah pohon duku, maka semakin besar dan semakin banyak juga dahannya. dengan begitu jumlah buahnyapun bertambah banyak. kwalitas dan rasa buahpun ikut dipengaruhi oleh usia sebuah pohin duku tersebut. Buah duku yang berasal dari pohon yang berusia sangat tua, biasanya akan lebih manis.

Pohon duku dapat berbuah biasanya dimulai dari umur 10 tahun setelah ditanam, tapi ini bisa berubah tergantung pada pemeliharaan dan kondisi lingkungan tempat duku tersebut ditanam.

Proses sortir buah duku sebelum dikemas dan dipasarkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar