Kamis, 29 Maret 2012

APLIKASI YANG ADA DI INTERNET

APLIKASI INTERNET
WWW (World Wide Web)
          Adalah layanan internet berupa halaman web, aplikasi ini paling banyak digunakan kerena merupakan aplikasi penting.  WWW sering dimanfaatkan untuk berbagai hal dan dapat saling dihubungkan menggunakan prinsip hyperlink atau link.
          WWW merupakan dokumen internet yang disimpan di server-server di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan Hyper Text Marup Language (HTML). HTML tersebut bisa dibuat dalam bentuk teks, gambar, animasi, audio dan vidio. HTML inilah yang dipergunakan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen lainnya.

E-MAIL (Elektronik Mail)
          Adalah salah satu aplikasi pada internet yang berfungsi sebagai sarana surat-menyurat atau saling berkirim surat. Tentu saja surat yang dimaksud adalah surat dalam bentuk digital.
          Melalui E-Mail kita bisa berkirim surat dalam bentuk tulisan atau gambar. Melalui E-Mail pula kita dapat berkirim surat kemana dan siapa saja yang memiliki alamat E-Mail. E-Mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.

MILIS (Mailing List)
          Adalah aplikasi internet yang dipergunakan sebagai sarana diskusi atau tukar informasi dalam satu kelompok E-Mail. Dalam sehari-hari kita menyebutnya milis. Setiap surat yang dikirim kealamat milis akan diteruskan kepada seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
         Sipat milis sama dengan e-mail, bahkan bisa dikatakan milis adalah bentuk lain dari e-mail, namun bisa dipergunakan oleh suatu kelompok untuk tukar pendapat atau surat mengenai suatu tema tertentu.


NEWSGROUP
           Hampir sama dengan Milis, yaitu setiap anggota dapat salng berkomunikasi dalam sebuah forum. Aplikasi ini biasa digunakan oleh anggota forum tertentu yang mempunyai kepentingan yang sama untuk membahas tofk-tofik tertentu. Media yang sering digunakan  berupa teks saja atau berupa Multimedia.
Aplikasi ini dapat dianggap sebagai sebuah buletin board, dimana setiap orang bebas untuk mencantumkan pendapatnya untuk dibaca siapa saja asalkan dia tergabung dalam kelompok tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar