Sabtu, 09 Juni 2012

SEJARAH HURUF ALFABET


Tapi saya akan menjelaskan sejarah tentang huruf abjad :
Penemu Tulisan: Sumeria (4RTL)– b). Penemu Alfabet: Phoenicia (1800-1300 SM) – c).The Longest Continuity Ideograph: China (3 RTL)

a-1). Tulisan bangsa Sumeria disebut Cuneiform (huruf iris). Mulanya utk mencatat hasil panen, kemudian digunakan utk administrasi negara, kegiatan ritual, distribusi pangan, dll. Karena pemimpin tertinggi bangsa Sumeria adalah Patesi (raja yg merangkap sebagai imam tertinggi) maka tulisan cuneiform banyak dijumpai di kuil. Beda halnya dgn tulisan di Mesir yg banyak dijumpai di makam dan China di istana.

a-2). Bentuk tulisan Mesopotamia tertua dijumpai di kota Kish dan Uruk (8 RTL) masih dalam bentuk pictograph. Pictograph tertua lainnya ditemukan di kota Ebla (4 RTL). Cuneiform Sumeria diadopsi oleh bangsa Akkadia, Babylonia, Assyria, Het dan Elam

a-3). Sebelum menjadi abstract cuneiform, pictograph & ideograph pada mulanya tdk beraturan, kemudian berkembang GRID system: horizontal & vertical divisions. Dari kiri ke kanan atau atas ke bawah, sehingga mudah dibaca & makin sedikit pictorial. Mulanya menggunakan pena yg ujungnya runcing, kemudian diganti pena berujud segitiga yg ditekankan pada lempengan tanah liat yg selanjutnya dipanaskan (matahari atau api). Beda dgn Mesir yg menggunakan medium batu & papyrus (lontar).

b). Bangsa Phoenicia mengadopsi tulisan dari Hieroglyph, Mesir dan mengembangkannya menjadi alfabet. Dari ribuan symbol yg berbeda, ditemukan tdk lebih 40 konsonant yg digunakan dalam berbicara. Temuan alfabet merupakan revolusi visual komunikasi lewat tulisan. Saat itu vowel belum ditemukan dan menjadi masalah bagi bangsa lain yg mengadopsi system alphabet. Itulah sebabnya bangsa Yunani mengambil 5 huruf Semit yg jarang digunakan utk menjadi Vowel kedalam bahasa Latin, meskipun sebenarnya ada 14 vowel sound. Bangsa Phoenicia selain diakui sebagai penemu alphabet, juga dikenal sebagai bangsa penjelajah/ trader seperti bangsa Viking dan ahli dalam ukiran yg akan dijelaskan di bab lain.

c). Sekitar 3 RTL, system tulisan yg berbeda berkembang di China. Berdasarkan pictograph yg dilengkapi dgn ideograph utk menyampaikan arti. Pada abad 3 SM, system tulisan tsb disederhnakan. Beberapa karakter berubah, tapi huruf China tetap merupakan bentuk tulisan dgn ideograph dalam bentuk karakter yg berlangsung terus menerus terlama didunia. Dari sekitar 60.000 karaker, hanya sekitar 3500-4000 yg sering digunakan. Pada saat bermacam dialek muncul dari penduduknya yg mencapai ratusan juta, system Ideograph merupakan cara terbaik utk menyatukan mereka dalam berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar