Selasa, 29 Mei 2012

7 MANFAAT NGOPI (MINUM KOPI)

1. Mencegah Diabetes
Menurut penelitian, Jika Anda suka mengonsumsi kopi murni(kopi pahit), Anda berpeluang hampir 60 % menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 daripada yang tidak minum kopi. Kandungan magnesium dan kromium yang terdapat pada kopi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. tentu ini akan sangat membantu bagi anda yang mempunyai keturunan diabetes.

2. Mencegah Kanker Kulit
Kebiasaan minum kopi ternyata dapat menurunkan resiko terkena serangan kanker kulit. Kesimpulan ini diperoleh para ilmuwan dari Universitas Rutgers, Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan, kafein memiliki senyawa kimia yang bila diterapkan dalam kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini adalah upaya preventif atas perkembangan tumor.

3. Mencegah Stress
Sudah menjadi rahasia umum bahwa aroma kopi sangatlah enak. aroma kopi bisa menjadi salah satu alternatif sebagai aroma terapi. Aroma kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Saat Anda stres, aroma kopi juga membantu Anda redakan stres, dengan memicu aktivitas gen yang berfungsi melindungi sel-sel syaraf dari stress.

4. Mencegah Gigi Berlubang
gigi berlubang hampir pernah dialami oleh semua orang. namun jika anda suka minum kopi ternyata ada efek positif yang bisa diperoleh yakni dapat mencegah gigi berlubang. Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa yang terdapat pada kopi yaitutrigonelline, memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga rongga mulut dari serangan kuman seperti streptococcus mutans, yang dapat menyerang enamel gigi.

5. Mencegah Parkinson
Orang dengan riwayat keluarga peminum kopi berpeluang kecil terkena penyakit neurologis seperti parkinson. Kafein pada kopi ataupun teh berkafein, dapat bereaksi pada gen yang disebut GRIN2A untuk membantu menurunkan risiko parkinson.

6. Mencegah Penyakit Jantung
Fungsi jantung sangat vital dalam tubuh. Para peneliti Belanda menemukan bahwa orang yang minum kopi dua hingga empat cangkir sehari berhasil menurunkan risiko penyakit jantung mereka sebanyak 20 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Antioksidan yang terdapat pada kopi memberikan perlindungan yang baik dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

7. Mencegah Kanker Mulut Dan Tenggorokan
Seperti diketahui oleh semua orang salah satu zat yang terkandungan dalam kopi adalah kafein. Dalam sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa kandungan kafein pada kopi mencegah munculnya kanker mulut dan tenggorokan. Mereka yang minum kopi sekitar empat cangkir atau lebih sehari mengurangi risiko kanker mulut tertentu dan tenggorokan hampir 40 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar